Friday, July 24, 2009

REVIEW ISO 9001, GMP, HACCP, TPM

Banyak di berbagai perusahaan seorang pencari kerja dituntut untuk memenuhi kualifikasi dan pengalaman yang berhubungan dengan ISO(9001,14000,22000), GMP, TPM, HACCP. Bagi fresh graduate itu tentu persyaratan yang berat, yang berpengalaman pun tidak banyak yang memiliki pengetahuan dan pengalaman itu. apalagi trainingnya bisa dikatakan sangat mahal(kategori jobseeker :) ). maklum pengalaman pribadi. Saya akan sedikit sharing di sini.
Pada dasarnya semua sistem management intinya adalah sama yaitu Plan-Do-Check-Action(PDCA), perencanaan-ujicoba-corrective action-verifikasi-dokumentasi. saya akan ulas satu persatu

1. ISO 9001:2000(terbaru revisi 2008)
ini adalah sistem management quality, dimana perusahaan berusaha secara terus menerus untuk perbaikan qualitas mutu produk. Dalam pelaksanaannya akan ada

internal audit dan eksternal audit agar sistem tetap pada jalurnya.
Moto yang sering dikatakan Manager saya dulu(ex manager) "Do what you write and write what you do"
Sistem management tidak hanya tanggung jawab 1 orang pribadi(misal jika ada PJ) tapi dilaksanakan oleh seluruh bagian yang berhubungan dengan qualitas produk(QA, QC, Produksi, Purcasing, Marketing, PPIC). bahkan komitment management harus ada tertulis dalam bentuk dokumen.
Parameter yang paling utama dalam Sistem ini adalah Kepuasan pelanggan dan customer complaint. karena parameter itulah yang menjadi acuan untuk perbaikan produk.
Alurnya adalah sebagai berikut :
Ketika ada complaint dari customer atau hasil dari internel/eksternal audit maka akan diadakan evaluasi terhadap sistem, kekurangan yang menyebabkan Compalint atau ketidak piasan customer. setelah itu akan dimunculkan dan ditetapkan solusi baru, cara baru dalam sistem. Ini akan terus dipantau sampai tahap verifikasi oleh departemen yang bersangkutan apakah efektif atau tidak. setelah itu dinyatakan efektif akan divalidasi dan di dokumentasikan untuk dijadikan sistem/metode baru. begitu seterusnya.

2. ISO 22000
Sistem yang satu ini adalah kepanjangan tangan atau bisa dikatakan gabungan dari ISO 9001 dengan pendekatan HACCP(Hazzard Analysis Critical Control Point). Sistem hampir sama dengan ISO 9001 untuk HACCP akan dibahas lebih di bawah.
penjelasan bisa di download dibawah :
ISO 22000

3. GMP (Good Manufacturing Practice)
adalah tatacara produksi yang baik, GMP digunakan dalam industri farmasi(pangan, obat dan kosmetik). Tujuan utama dari sistem ini adalah meminimalisasi kontaminan yang ada pada produk.
Seperti yang dikatakan di atas tatacara, maka akan lengsung menuju ke obyeknya(pekerjanya). lebih banyak aturan tentang pekerja. misal pemakaian uniform, hairnet, masker, tidakboleh kuku panjang, cincin atau perhiasan lain, Hape dll ketika memasuki area produki.
memang benar sih pernah kejadian juga ditemukan cincin perak di produk, ga tau juga darimana asal tu cincin sengaja atau tidak sengaja yang pasti itu karena faktor manusia.
dengan adanya aturan-aturan maka resiko terjadi hal seperti itu diminimalkan.

ini salah satu versi penjelasannya :
Good Manufacturing Practice or GMP (also referred to as ‘cGMP’ or ‘current Good Manufacturing Practice’) is a term that is recognized worldwide for the control and management of manufacturing and quality control testing of foods and pharmaceutical products.
Since sampling products will statistically only ensure that the samples themselves (and perhaps the areas adjacent to where the samples were taken) are suitable for use, and end-point testing relies on sampling, GMP takes the holistic approach of regulating the manufacturing and laboratory testing environment itself. An extremely important part of GMP is documentation of every aspect of the process, activities, and operations involved with drug and medical device manufacture. If the documentation showing how the product was made and tested (which enables traceability and, in the event of future problems, recall from the market) is not correct and in order, then the product does not meet the required specification and is considered contaminated (adulterated in the US). Additionally, GMP requires that all manufacturing and testing equipment has been qualified as suitable for use, and that all operational methodologies and procedures (such as manufacturing, cleaning, and analytical testing) utilized in the drug manufacturing process have been validated (according to predetermined specifications), to demonstrate that they can perform their purported function(s).
In the US, the phrase “current good manufacturing practice” appears in 501(B) of the 1938 Food, Drug, and Cosmetic Act (21USC351). US courts may theoretically hold that a drug product is adulterated even if there is no specific regulatory requirement that was violated as long as the process was not performed according to industry standards.

4. HACCP(Hazard Analysis critical Control Point)
yaitu analisis bahaya dan titik kendali kritis. HACCP banyak digunakan dalam industri makanan atau yang berhubungan dengan makanan. Tujuannya mengendalikan potensi bahaya kontaminasi hingga produk sampai di tangan konsumen.
lebih lengkapnya download aja ya......
HACCP Download

5. TPM (Total Productivity Maintenance)
Aplikasi TPM banyak digunakan pada mesin, mulai penjadwalan kebersihan, maintenance, dan perawatan mesin. diterapkan juga 5K/5S, why-why analysis hingga tidak ada lagi problem yang muncul. Sistem ini diadopsi dari Jepang, dengan konsep mencegah terjadinya problem fatal dan efisiensi produksi. sehingga harga produksi bisa turun.
ada beberapa tahapan dalam TPM yaitu AM1, AM2, .... (wadow... maaf nih agak lupa he..he.. ntar kalo ada info tambahan tak update lagi de)
tak banyak yang bisa saya ceritakan, karena hanya tahu sedikit dalam tataran praktek mesin.

jadi bagi fresh graduate baca2 infonya dulu sebelum wancara, sehingga wancaranya bisa lancar. tidak apa2 jika tidak punya pengalaman paling tidak ketika diajak ngobrol bisa nyambung dikit2.

BTW kalo ada yang punya pengalaman boleh sharing disini juga, bagi2 info buat yang membutuhkan... Have a nice day... Sukses yaw :)


Download Tips Dan Trik Extrim Melamar pekerjaan
Download Soal Test Toefl
Download Soal-soal Psikotest

No comments:

Post a Comment